Stray Dog (Reviewed by Akman Sinaga)



APHRODITE grup asal Texas dengan formasi William Garrett “Snuffy” Walden :gitar/ vokal, Alan Roberts : bass/vokal dan Randy Reeder : dram, ketika bermain di salah satu club di Denver, diantara pengunjung terdapat GREG LAKE. Pada saat itu ELP sedang mengadakan pertunjukan di Denver. Ternyata Greg Lake sangat terkesan dengan penampilan mereka dan malam itu juga langsung menjanjikan kepada mereka untuk rekaman dengan syarat malam itu juga harus memutuskan bersedia ikut terbang ke Inggris bersama ELP. Keesokan harinya Snuffy Walden dan Alan Roberts, terbang bersama ELP ke Inggris, sementara Randy Reeders, tidak bersedia ikut. Belakangan Randy bergabung dengan BLOODROCK.

Untuk menggantikan posisi Randy Reeder sebagai drummer, mereka mengadakan audisi, dan yang terpilih adalah Leslie T. Sampson. Sampson sebelumnya adalah drummer ROAD, grupnya Noel Redding bassis JIMI HENDRIX EXPERIENCE. Sejak saat itu nama Aphrodite berganti dengan STRAY DOG.

Dalam hitungan beberapa minggu setelah hijrah dari Amerika ke Inggris, album pertama mereka dirilis oleh Manticore dengan judul yang sama Stray Dog dan pada bulan Maret 1973 sudah mulai mengikuti ELP untuk tur dunia.

Pada tahun yang sama (1973) Stray Dog kembali merilis album kedua yang diberi judul Fastern Your Seat Belts. Album ini berisi 3 lagu dari album pertama + 3 lagu baru (termasuk Drive My Car nya Beatles) dan 1 versi live dari lagu di album pertama. Pada tahun 1974 mereka merilis album bertajuk While You're Down There. Di album ini Stray Dog menambah dua personil yakni Timmy Dulaine elektrik dan akustik gitar/vokal, dan Luis Cabaza keyboard/vokal. PAa album ini, warna musik mereka mengalami perubahan yang cukup drastis, dimana unsur-unsur soul/funky menjadi bagian dari ramuan musik mereka. Album ini merupakan album terakhir dari Stray Dog.


Stray Dog - Rocky Mountain Suite (Bad Road) 



Comments

Popular posts from this blog

Kontroversi Seputar Lagu Child in Time (Oleh Akman Sinaga)

Biografi Krisna J. Sadrach "Sucker Head" - Legenda Trash Metal

Biografi Rotor - Band Thrash Metal dari Indonesia