Kontroversi Seputar Lagu Child in Time (Oleh Akman Sinaga)

      
It's a Beautiful Day 


 Tahun 1969 San Fransisco psychedelic band bernama It’s A Beautiful Day merilis album pertama mereka dengan tajuk yang sama. Dari tujuh lagu yang terdapat di album ini ada satu nomor instrumental berjudul Bombay Calling, tercatat sebagai penciptanya adalah Vince Wallace dan David LaFlamme. Lagu inilah yang dipakai oleh Deep Purple sebagai intro untuk lagu mereka Child In Time. Dalam autobiografinya Ian Gillan menjelaskan : "We'd heard an album by a new band called It's A Beautiful Day on which there was a track called "Bombay Calling"...Jon had become fascinated and was musing around with it on the keyboard...and then I started to sing "Sweet Child In Time"...It was totally spontaneous and conceived without a storyline." Tapi disitu tak dijelaskan kenapa pada album Deep Purple In Rock tak ada credit title maupun catatan sama sekali mengenai asal usul lagu Child In Time. Plagiat kah ?


Deep Purple

Siapakah sebenarnya pemilik lagu Bombay Calling yang menginspirasi lahirnya Child In Time? Dia adalah Vince Wallace sendiri, tanpa kontribusi sedikitpun dari David LaFamme. Vince Wallace adalah seorang musisi jazz pemain tenor saxophone Bombay Calling ditulisnya pada tahun 1962 dan memiliki copywrite nya. Tahun 1966 Vince memperdengarkannya kepada David LaFamme. Awalnya David membawakan lagu ini dalam konser sebagai atribut untuk Vince. Namun beberapa tahun kemudian David mendaftarkan lagu ini ke US Copyright atas namanya sendiri. Dalam surat terbukanya kepada publik yang ditulisnya tanggal 16 Oktober 2001, Vince secara gamblang menyatakan sangat menyesalkan pihak-pihak yang “mencuri “ lagunya (termasuk DEEP PURPLE) dan menyayangkan tidak adanya rasa persaudaraan diantara sesama musisi.


It's a Beautiful Day - Bombay Calling

Comments

  1. Black Titanium Wedding Band - Ottawa - TITNIA
    The band titanium guitar chords is titanium pipe the band's second wedding, where they're taking a different approach titanium frames and focusing on traditional wedding ceremonies. A little more nipple piercing jewelry titanium than aftershokz trekz titanium a

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Biografi Krisna J. Sadrach "Sucker Head" - Legenda Trash Metal

Biografi Rotor - Band Thrash Metal dari Indonesia