Quatermass (reviewed by Akman Sinaga)



Sambutan dan apresiasi positif yang diterima oleh Quatermass dari kalangan industri musik pada saat merilis album pertama mereka dan single Black Ship Of The Family yang meraih sukses komersial, ternyata tidak cukup untuk menjadi dasar yang dapat membuat band ini sebagai band yang berusia panjang.

Band asal London Inggris ini dibentuk pada September 1969 dengan formasi trio, band ini terdiri dari Peter Robinson keyboards, John Gustafson vocals/bass dan Mick Underwood drums dan ketiganya telah mempunyai jam terbang yang cukup tinggi.

Peter Robinson sebelumnya adalah keyboardist bersama Chris Farlowe’s Band, John Gustafson sebelumnya bersama Casey Jones, grup pop Big Tree dan Mercey Beats. Sedangkan Mick Underwood adalah ex drummer The Outlaws dan Episode Six .

Pada saat Episode Six disbanded karena ditinggal oleh Gillan yang hijrah ke Deep Purple, minus Roger Glover, personil Episode Six ditambah Alan Shacklock dan vokalis Sheila Carter mengajak John Gustafson dan Pete Robinson untuk session di sebuah studio. Dari session panjang tersebut muncullah ide dari John untuk meneruskannya dalam bentuk trio sehingga terbentuklah Quatermass.

Dengan formasi trio tersebut mereka meramu hard rock dan prog serta ballad menjadi sajian utama mereka seperti lagu-lagu yang tercermin pada satu-satunya album mereka. Beberapa lagu Quatermass yang sempat dicover oleh band lain adalah Black Sheep Of The Family dicover Rainbow, Gemini dicover oleh Odin.

Walaupun meraih sukses komersial untuk album mereka dan apresiasi positif dari kalangan musik, dalam salah satu wawancaranya dengan wartawan musik, Gustafson menyatakan bahwa bubarnya Quatermass akibat kurangnya dukungan financial dari perusahaan rekeman (Harvest). Dan pada tahun 1970 setelah tur Inggris bersama Deep Purple dan tur Jerman bersama Uriah Heep, Quatermass membubarkan diri.

John Gustafson kemudian bergabung dengan ex Atomic Rooster John Du Cann membentuk Bullet, belakangan menjadi HARD STUFF, main bersama Pete Robinson sebagai guest di band asal Norwegia BALTIK. Selanjutnya bergabung dengan ROXY MUSIC dan IAN GILLAN BAND. Selain itu John juga menjadi session musisi untuk banyak artis seperti Kevin Ayers, Ian Hunter, Steve Hacket dan Shawn Phillips.

Peter Robinson kemudian menjadi session musisi untuk artis seperti Yvonne Elliman, Murray Head, Rupert Hine dan belakangan dikenal sebagai keyboardist band fusion BRAND X.

Mick Underwood membentuk band bernama STRAPPS dan kemudian bergabung bersama IAN GILLAND BAND.

Pada tahun 1997 terbit album Quatermass II yang diprakarsai oleh Mick Underwood dengan personil antara lain Nick Simper, Bart Foley, Don Airey dan Gary Davis, namun tidak meraih sukses komersial sehingga grup tersebut tidak terdengar lagi namanya.


Quartermass - Gemini



Comments

Popular posts from this blog

Kontroversi Seputar Lagu Child in Time (Oleh Akman Sinaga)

Biografi Krisna J. Sadrach "Sucker Head" - Legenda Trash Metal

Biografi Rotor - Band Thrash Metal dari Indonesia