Gentle Giant (reviewed by Akman Sinaga)


Shulman Brothers, Phil, Derek dan Ray sejak masa kecil mereka di Portsmouth England telah belajar memainkan banyak alat musik yang terdapat dirumah mereka. Ayahnya selaku seorang pemain trumpet di band militer , mendorong anak-anaknya untuk mempelajari berbagai alat musik.dan berlatih.

Dengan latar belakang seperti itu, Shulman bersaudara bersama dengan Peter O’ Flaherty, Eric Hine dan Tony Ransley membentuk grup yang diberi nama The Howling Wolf , kemudian dirubah menjadi The Road Runners dan terakhir menjelma menjadi SIMON DUPREE & THE BIG SOUND. Pada awalnya grup ini memainkan musik R & B, terpengaruh dengan lagu-lagu Wilson Pickett, Don Covay, Otis Redding dan Bo Diddley.

Tahun1966, Simon Dupree & The Big Sound menandatangani kontrak dengan EMI dan menghasilkan beberapa single, tapi tak satupun single mereka menjadi hit. Saat music psychedelic pada tahun 1967 mulai booming, manager dan perusahaan rekeman meminta mereka untuk ikut ber psychedelic ria, dan hasilnya adalah “Kites” single mereka yang berhasil menembus Top 10 hit di UK Singles Charts. Keberhasilan ini ternyata tidak diikuti oleh hit-hit selanjutnya walaupun telah berupaya keras. Dengan perasaan frustasi, pada tahun 1969 mereka akhirnya membubarkan diri.

Ternyata Shulman bersaudara tidak betah berlama-lama menganggur, tahun 1970 mereka membentuk GENTLE GIANT dan sejak awal bertekad untuk memainkan musik yang lebih rumit dari hanya sekedar R & B dan Soul. Mengingat pengalaman mereka di Simon Dupree & The Big Sound dimana musisi lainnya mempunyai kemampuan yang terbatas, serta niat mereka untuk memainkan musik yang lebih rumit, maka dipilihlah tiga orang multi instrumentalis lainnya untuk bergabung dengan mereka yakni Gary Green, Kerry Minnear dan Martin Smith. Dengan bergabungnya ketiga musisi tersebut, komposisi personil Gentle Giant menjadi :

Gary Green : lead guitar, 12 string guitar, flute, backing vocals
Kerry Minnear : keyboard, bass, cello, synthesizer, lead vocals, backing vocals, tuned percussion
Derek Shulman : lead vocals, backing vocals, bass
Phil Shulman : sax, trumpet, recorder, lead vocals, backing vocals
Ray Shulman : bass, violin, guitar, percussion, backing vocals
Martin Smith : drums, percussion, xilophone

Dengan formasi ini, pada akhir 1970, Gentle Giant merilis album pertama mereka bertajuk Gentle Giant.dan disusul dengan album kedua pada tahun 1971 bertajuk Acquiring The Taste. Setelah album ini Martin Smith sang dramer keluar (sudah tidak sepaham dengan Ray dan Phil) dan posisinya digantikan oleh Malcolm Mortimore dan merekam album ketiga mereka Three Friends (1972). Album ini merupakan album konsep pertama yang dihasilkan oleh Gentle Giant.

Satu bulan sebelum rencana tur April 1972, Malcome Mortimore mengalami kecelakaan motor dan posisinya digantikan oleh John “Pugwash” Weathers mantan Grease Band, Wild Turkey dan Graham Bond. Akhir 1972 formasi baru ini menghasilkan album yang dianggap sebagai album paling ngerock dari Gentle Giant yakni Octopus. Menurut Ray Shulman Octopus adalah album terbaik mereka disamping Acquiring The Taste tentunya.

Kesuksesan ternyata bukan segala-galanya bagi seorang Phil Shulman. Tur yang melelahkan, pertengkaran-pertengkaran diantara sesama personil grup (terutama dengan saudaranya sendiri) dan pertimbangan terhadap keutuhan keluarga adalah alasan bagi Phil untuk mengundurkan diri.

Dengan formasi berlima ini Gentle Giant menghasilkan 4 album studio dan 1 album live yakni In A Glass House ’73, The Power & The Glory ’74, Free Hand ’75 dan Interview serta live album Playing The Pool pada tahun yang sama 1976.

Secara perlahan dari album ke album, Gentle Giant mulai mengurangi tingkat kerumitannya, dengan sasaran public musik di Amerika dan upaya ini membuahkan hasil, dengan masuknya Free Hand ke dalam jajaran Top 50 album Chart di Amerika.

Sejalan dengan berlalunya puncak kreatifitas mereka, lahirlah album The Missing Piece ’77 disusul dengan Giant for A Day ’78, menandai dimulainya era “pop” Gentle Giant dan pada tahun 1979 Gentle Giant mengeluarkan album Civilian. Belakangan Ray Shulman mengaku benci dengan keterlibatannya dalam pembuatan album ini.

Pada tahun 1980 Gentle Giant bubar, tapi karya-karya mereka telah menjadi bagian dari sejarah musik progressive rock di era ’70.

Gentle Giant - Advent of Panurge




Comments

Popular posts from this blog

Kontroversi Seputar Lagu Child in Time (Oleh Akman Sinaga)

Biografi Krisna J. Sadrach "Sucker Head" - Legenda Trash Metal

Biografi Rotor - Band Thrash Metal dari Indonesia