Atomic Rooster (reviewed by Akman Sinaga)


Band yang doyan bergonta-ganti formasi ini berawal dari keluarnya Vincent Crane (kibor) dan Carl Palmer (dram) dari grup CRAZY WORLD OF ARTHUR BROWN pada tahun 1969. Pada saat itu Crazy World Of Arthur Brown tengah mengadakan tur Amerika, tepatnya Jumat 13 Juni 1969, mereka kembali ke Inggris.Kebetulan pada tahun tersebut adalah tahun ayam pada kalender Cina, mereka menamakan grupnya dengan nama ATOMIC ROOSTER dan tak lama setelah itu merekrut pemain bas Nick Graham sekaligus sebagai vokalis dan flut.

Konser pertama mereka sebagai band pembuka pada pertunjukan DEEP PURPLE di London. Menjelang akhir tahun 1969 Atomic Rooster mendapat kesempatan merekam album pertama mereka di perusahaan rekaman B & C Records (Beat & Commercial) dan akhir Desember 1969 rekaman rampung, serta rilis resmi dilakukan pada Februari 1970 dengan tajuk yang sama Atomic Rooster.

Album yang berisi delapan lagu ini dirilis dalam dua versi, yakni versi UK dan versi US. Beberapa minggu setelah album versi UK dirilis, John Du Cann gitaris/vokalis ANDROMEDA bergabung dengan Atomic Rooster. Untuk album yang rencananya akan diedarkan di Amerika, terdapat tiga lagu dimana John Du Cann ex Andromeda ikut mengisi gitar dan vokal (overdub). Namun pada saat itu, album versi US ini tidak jadi dirilis. Permainan gitar Du Cann di album pertama ini, hanya bisa dinikmati pada rekaman reissues dalam format CD.

Masuknya Du Cann disusul dengan keluarnya Nick Graham untuk membentuk bandnya sendiri sehingga formasi yang tadinya kibor, bas dan dram berubah menjadi kibor, gitar dan dram. Fungsi bas diambil alih oleh Vincent Crane melalui bas pedal Hammond organnya. Formasi Vincent Crane, John Du Cann dan Cal Palmer ini bertahan sampai sekitar akhir Juni1970, dimana Carl Palmer mengumumkan kepindahannya ke EMERSON LAKE & PALMER. Posisi Palmer kemudian digantikan oleh Ric Parnell, namun tidak untuk waktu yang lama, Paul Hammond masuk menggantikan Ric Parnell sebagai dramer.

Dengan formasi Crane, Du Cann dan Hammond Atomic Rooster merilis album keduanya Dead Walk Behind You pada bulan September 1970. Awalnya album kedua ini sama nasibnya seperti album pertama. Namun singel mereka Tomorrow Night yang juga terdapat di album ini mulai meraih sukses pada Februari 1971 sehingga mereka mendapat tawaran untuk melakukan tur diberbagai tempat.

Pada pertengahan 1971, Crane kembali melakukan perobahan formasi, vokalis Pete French ex LEAF HOUND masuk menjadi vokalis Atomic Rooster dan dengan formasi berempat mereka masuk studio rekaman untuk mengerjakan album In Hearing Of dengan style yang lebih bluesy dari album sebelumnya Death Walk Behind You.

Tak lama setelah album ini rampung , giliran John Du Cann dan Paul Hammond yang membentuk DAEMON bersama-sama dengan John Gustafson dan Al Shaw, kemudian berganti nama menjadi HARD STUFF.

Untuk menggantikan posisi Du Cann dan Hammond, ditunjuklah Steve Bolton dan Ric Parnell (kembali masuk). Dengan formasi ini Atomic Rooster tampil didepan umum sebagai band pembuka THE WHO pada konsernya September 1971 dan pada akhir tahun Pete French meninggalkan Atomic Rooster, posisinya digantikan oleh Chris Farlowe ex COLOSSEUM.

Pada pertengahan tahun 1972 mereka melakukan tur dan rekaman untuk album Made In England dengan single Stand By Me. Baik album dan singelnya tak ada yang menjadi hit. Album Made In England ini dinilai lebih kearah soul dan kecendrungan heavy rock dan progressive dari album-album sebelumnya terasa mulai surut. Walaupun album ini tidak meraih sukses yang menggembirakan namun tur-tur mereka tetap berjalan.

Akhir 1972, sang gitaris Steve Bolton meninggalkan grup ini, penggantinya adalah Johnny Mandala belakangan terkenal dengan nama John Goodsall gitaris BRAND X dan dengan formasi ini mereka merilis album Nice ‘n’ Greasy tahun 1973. Album yang lebih bercorak groove funk ini dirilis dalam dua versi, yakni UK rilis dan US rilis dengan cover album yang berbeda dan dua lagu yang berbeda dengan rilis Jerman.

Kembali personil Atomic Rooster “bedol desa”, Farlowe, Parnell dan Mandala hengkang dan Vincent Crane sibuk menggarap musikal drama antara lain dengan Peter Green dan melakukan tur dengan personil SAM APPLE PIE dan bekerjasama kembali dengan Arthur Brown.

Pada tahun 1980 John Du Cann dan Vincent Crane kembali saling contact dan mendiskusikan kemungkinan untuk membangun kembali Atomic Rooster dan rencana tersebut terwujud dengan terbitnya album mereka yang bertajuk Atomic Rooster dengan bantuan session dramer Preston Heyman. Dilanjutkan dengan berbagai tur, kini giliran Heyman yang hengkang dan Paul Hammond kembali ke Atomic Rooster untuk melanjutkan tur-tur mereka. dan sempat merilis 2 single pada tahun 1981-1982. Dan sebelum penampilan mereka di Reading Festival, Du Cann ‘menghilang’ absen tanpa alasan yang jelas. John Mc Coy ex IAN GILLAN BAND direkrut untuk posisi basis sehingga formasi Atomic Rooster kembali menjadi kibor, bas dan dram.

Album berikutnya mulai direkam pada akhir 1982 dan Juni 1983 Atomic Rooster merilis album barunya yang bertajuk Headline News. Beberapa gitaris tamu ikut bermain di album ini antara lain David Gilmour Bernie Torm dan John Mizarolli. Album ini sendiri lebih sarat dengan tambahan unsur elektronik seperti synthesizer dan vokal Crane, seluruh lagu ditulis oleh Crane sehingga album ini dianggap sebagai ‘solo’ albumnya Vincent Crane.

Selama periode 1983 s/d 1987, Crane bergabung dengan Peter Green, Ray Dorset dan Jeff Whittacker serta Dexys Midnight Runner untuk menggarap pertunjukan dan album-album mereka.

Vincent Crane kembali merencanakan untuk membentuk kembali Atomic Rooster dan rencana tur Jerman 1989. namun niat ini tidak kesampaian, karena 14 Februari 1989 Crane tutup usia. Vincent Crane bersama Atomic Rooster meninggalkan warisan 7 album studio dan 5 album live. Selamat menikmati warisan Atomic Rooster.


Atomic Rooster - A Spoonful of Bromide Helps The Pulse Rate Go Down

Comments

Popular posts from this blog

Kontroversi Seputar Lagu Child in Time (Oleh Akman Sinaga)

Biografi Krisna J. Sadrach "Sucker Head" - Legenda Trash Metal

Biografi Rotor - Band Thrash Metal dari Indonesia